Home » , , » Landasan dan prinsip kurikulum

Landasan dan prinsip kurikulum

Written By Ade Xidsoft on Wednesday, March 6, 2013 | 6:37 AM


                                             LANDASAN DAN PRINSIP-PRINSIP
                                               PENGEMBANGAN KURIKULUM

PENDAHULUAN
Kurikulum merupakan alat untuk mencapai pendidikan yang  dinamis.
Hal  ini  berarti  bahwa  kurikulum  harus  senantiasa  dikembangkan  dan
disempurnakan  agar  sesuai  dengan  laju  perkembangan  ilmu  pengetahuan
dan  teknologi.  Pengembangan  kurikulum  har us  didasarkan  pada  landasan
dan  prinsip-prinsip pengembangan yang  berlaku. Hal ini dimaksudkan agar
pengembangan  kurikulum  yang  dilaksanakan  sesuai  dengan  apa  yang
menjadi  tujuan  dar i  pendidikan  nasional.  Oleh  sebab  itu  ada  beberapa
landasan  dan  prinsip- prinsip  yang  harus  menjadi  pedoman  dalam
pengembangan kurikulum.
Makalah ini mencoba untuk memaparkan apa yang menjadi landasan-
landasan  dan  pr insip-prinsip  yang  mendasari  suatu  proses  pengembangan
kur ikulum.

PEMBAHASAN
Kurikulum  merupakan  rancangan  pendidikan  yang  memiliki
kedudukan  cukup  sentral  dalam  perkembangan pendidikan, oleh  sebab  itu
dibutuhkan  landasan  yang  kuat  dalam  pengembangan  kurikulum  agar
pendidikan dapat menghasilkan manusia-manusia yang berkualitas.  Adapun
yang menjadi landasan dalam pengembangan kurikulum :

Landasan Filosofis
Filsafat  membahas  segala  permasalahan  manusia,  termasuk
pendidikan, yang  disebut filsafat  pendidikan.  Fils afat memberikan arah
dan metodologi terhadap praktik- praktik pendidikan, sedangkan praktik-
pr aktik  pendidikan  member ikan  bahan-bahan  bagi  pertimbangan
f ilosofis. Keduanya sangat berkaitan erat. Hal inilah yang  menyebabkan

landasan  filosofis  menjadi  landasan  penting  dalam  pengembangan
kur ikulum.

Landasan Psikologis
Dalam proses pendidikan yang tejadi adalah proses interaksi antar
individu.  Manusia  berbeda  dengan  makhluk  lainnya  karena  kondisi
psikologisnya. Kondisi psikologis sebenarnya merupakan karakter psiko-
f isik seseorang sebagai individu yang dinyatakan dalam berbagai bentuk
perilaku  interaksi  dengan  lingkungannya.  Dalam  pengembangan
kur ikulum, minimal ada dua landasan psikologi yang mempengaruhinya,
yaitu psikologi perkembangan dan psikologi belajar.

Landasan Sosial Budaya
Kurikulum menentukan pelaksanaan dan hasil pendidikan. Dengan
pendidikan diharapkan muncul masyarakat-masyarakat yang tidak asing
dengan  masyarakat.  Dengan  pendidikan  diharapkan  lahir   manusia-
manusia  yang  bermutu,  mengerti,  dan  mampu  membangun
masyarakat.oleh  sebab  itu  tujuan,  isi,  maupun  proses pendidikan  har us
disesuaikan  dengan  kondisi, karakteristik,  kekeyaan dan perkembangan
masyarakat.

Dalam  proses  pengembangan  kurikulum,  selain  har us  memiliki
landasan yang kuat juga harus memiliki prinsip-prinsip yang jelas.  Menurut
Oliva  ( 1991  :  24-25)  Prinsip-prinsip  dasar  pengembangan  kurikulum
ber kedudukan  sebagai  petunjuk  langsung  dalam  kegiatan  pendidikan  dan
dalam bidang-bidang lainnya. Prinsip-pr insip ter sebut bersumber pada :
hasil data empiric
hasil ide/gagasan masyarakat, sikap dan kepercayaan
berdasarkan akal sehat.
Pada perkembangan pengetahuan dan teknologi hasil penelitian adalah
factor  utama  yang  dijadikan  landasan  utama  untuk  memantapkan  prinsip-
pr insip dasar tersebut. 

Selain  hal  tersebut  diatas,  ada  jenis-jenis  prinsip  dasar  dalam
pengembangan  kurikulum,  prinsip  dasar  ini  dipandang  sebagai  pandangan
dasar  yang  benar  dalam  pengembangan  kurikulum.  Jenis-jenis  prinsip  ini
dibedakan  oleh  tingkat  keefektifannya  yang  diketahui  lewat  tingkat
r esikonya.  Pemahaman  akan  per bedaan  ini  sangat  penting  sebelum
menetapkan  pr insip-prinsip  dasar  untuk  pengembangan  sebuah  kurikulum.
Dalam Oliva (1991  : 29-30)  jenis-jenis prinsip dasar dalam  pengembangan
kur ikulum adalah :

Kebenaran Keseluruhan
Kebenaran Keseluruhan adalah kebenaran yang jelas atau ter bukti
lewat  eksperimen  atau  uji  coba,  dan  alas  an  tersebut  diterima  tanpa
hambatan.  Sebagai  contoh,  pembahasan  yang  berarti  dapat  membantu
siswa untuk mengetahui aturan- aturan dan mengalami kemajuan dengan
mengerti  keterampilan-keterampilan  sebagai  syarat  mutlak  dari
pemahaman  yang  mendasar  akan  menghadirkan  latihan- latihan  yang
bermakna.

Kebenaran Bagian
Kebenaran  bagian  ini  maksudnya  adalah  kebenaran  beerdasar kan
data yang terbatas dan bisa diaplikasikan pada situasi tertentu dan tidak
bersifat umum. Seperti ada sebagian tenaga-tenaga pengajar berpendapat
bahwa  pencapaian  prestasi  siswa  akan  lebih  tinggi  ketika  siswa  itu
dikelompokkan pada jenjang yang sama dalam proses pembelajaran.

Dugaan
Sebagian  prinsip-pr insip  dasar  tidak  semuanya  benar,  bisa  juga
merupakan  dugaan atau ujicoba,  sementara  ide- ide  atau dugaan-dugaan
tersebut menjadi dasar keputusan dalam pengembangan kurikulum.
Dalam Nana Syaodih ( 1997 : 150-155) prinsip-prinsip pengembangan
kur ikulum dibagi menjadi dua bagian, yaitu :

Prinsip Umum
Ada  beberapa  prinsip  umum  dalam  pengembangan  kurikulum.  Seperti
juga yang disampaikan oleh Subandijah, prinsip umum ini meliputi :
Prinsip r elevansi

Prinsip  relevansi  adalah  keserasian  pendidikan  dengan  tuntutan
masyarakat,  pendidikan  dikatakan  relevan  jika  hasil  pendidikan
tersebut berguna bagi masyarakat.
Prinsip fleksibilitas

Kurikulum  hendaknya  memiliki  sifat  lentur  dan  fleksibel.  Hal  ini
berarti dalam penyelenggaraan proses dan program pendidikan harus
di perhatikan kondisi perbedaan yang ada dalam diri peserta didik
Prinsip kontinuitas

Kurikulum  sebagai  wahana  belajar  yang  dinamis  per lu
dikembangkan  terus  menerus  dan  berkesinambungahn.
Kesinambungan dalam pengembangan kurikulum menyangkut saling
berhubungan  antara  tingkat  dan  jenis  program  pendidikan  atau
bidang studi.

Prinsip praktis
Kurikulum  memiliki  prinsip  praktis  dimana  kur ikulum  mudah
dilaksanakan,  menggunakan  alat-alat  sederhana  dan  biayanya  juga
murah. Prinsip ini juga disebut prinsip efisiensi

Prinsip efektivitas
Efektivitas dalam kegiatan berkenaan dengan sejauh mana apa yang
direncanakan dan diinginkan dapat dilaksanakan atau dapat dicapai.

Prinsip Khusus
Ada  beberapa  prinsip  yang  lebih  khusus  dalam  pengembangan
kur ikulum, pr insip-prinsip ini berkenaan dengan :
Tujuan pendidikan

Pemilihan isi pendidikan
Proses belajar- mengajar 
Pemilihan media dan alat pengajaran
Pemilihan kegiatan penilaian


PENUTUP
Pengembangan  kur ikulum  dilakukan  secar a  bertahap  dan  terus
menerus. Agar pengembangan kurikulum yang  dilakukan didak keluar dari
arah  dan  tujuan  pendidikan  yang  ingin  dicapai,  maka  pengembangan
kur ikulum  harus  berp[ijak  pada  landasan- landasan  utama  dalam
pengembangan  kurikulum,  serta  pada  prinsip-prinsip  dasar  dalam
pengembangan kurikulum.
Seperti  yang  telah  dijelaskan  pada  pembahasan  landasan  utama  pada
pengembangan kurikulum adalah :


Landasan Filosofis
Landasan Psikologis
Landasan Sosial Budaya
Sedangkan prinsip pengembangan kurikulum dibagi menjadi dua
pr insip utama, yaitu prinsip umum dan prinsip khusus.
Pengembangan kur ikulum yang berdasarkan pada landasan dan prinsip
pengembangan kurikulum yang ada, diharapkan dapat mencapai apa yang
menjadi tujuan dari pendidikan nasional

Share this article :