LANDASAN DAN PRINSIP-PRINSIP
|
PENGEMBANGAN KURIKULUM
|
PENDAHULUAN
|
Kurikulum merupakan alat untuk
mencapai pendidikan yang dinamis.
|
Hal ini
berarti bahwa kurikulum
harus senantiasa dikembangkan dan
|
disempurnakan agar
sesuai dengan laju
perkembangan ilmu pengetahuan
|
dan teknologi.
Pengembangan kurikulum har us
didasarkan pada landasan
|
dan prinsip-prinsip pengembangan yang berlaku. Hal ini dimaksudkan agar
|
pengembangan kurikulum
yang dilaksanakan sesuai
dengan apa yang
|
menjadi tujuan
dar i pendidikan nasional.
Oleh sebab itu
ada beberapa
|
landasan dan
prinsip- prinsip yang harus
menjadi pedoman dalam
|
pengembangan kurikulum.
|
Makalah ini mencoba untuk
memaparkan apa yang menjadi landasan-
|
landasan dan
pr insip-prinsip yang mendasari
suatu proses pengembangan
|
kur ikulum.
|
PEMBAHASAN
|
Kurikulum merupakan
rancangan pendidikan yang
memiliki
|
kedudukan cukup
sentral dalam perkembangan pendidikan, oleh sebab
itu
|
dibutuhkan landasan
yang kuat dalam
pengembangan kurikulum agar
|
pendidikan dapat menghasilkan
manusia-manusia yang berkualitas.
Adapun
|
yang menjadi landasan dalam
pengembangan kurikulum :
|
Landasan Filosofis
|
Filsafat membahas
segala permasalahan manusia,
termasuk
|
pendidikan, yang disebut filsafat pendidikan.
Fils afat memberikan arah
|
dan metodologi terhadap praktik-
praktik pendidikan, sedangkan praktik-
|
pr aktik pendidikan
member ikan bahan-bahan bagi
pertimbangan
|
f ilosofis. Keduanya sangat
berkaitan erat. Hal inilah yang
menyebabkan
|
landasan filosofis
menjadi landasan penting
dalam pengembangan
|
kur ikulum.
|
Landasan Psikologis
|
Dalam proses pendidikan yang
tejadi adalah proses interaksi antar
|
individu. Manusia
berbeda dengan makhluk
lainnya karena kondisi
|
psikologisnya. Kondisi psikologis
sebenarnya merupakan karakter psiko-
|
f isik seseorang sebagai individu
yang dinyatakan dalam berbagai bentuk
|
perilaku interaksi
dengan lingkungannya. Dalam
pengembangan
|
kur ikulum, minimal ada dua
landasan psikologi yang mempengaruhinya,
|
yaitu psikologi perkembangan dan
psikologi belajar.
|
Landasan Sosial Budaya
|
Kurikulum menentukan pelaksanaan
dan hasil pendidikan. Dengan
|
pendidikan diharapkan muncul
masyarakat-masyarakat yang tidak asing
|
dengan masyarakat.
Dengan pendidikan diharapkan
lahir manusia-
|
manusia yang
bermutu, mengerti, dan
mampu membangun
|
masyarakat.oleh sebab
itu tujuan, isi,
maupun proses pendidikan har us
|
disesuaikan dengan
kondisi, karakteristik,
kekeyaan dan perkembangan
|
masyarakat.
|
Dalam proses
pengembangan kurikulum, selain
har us memiliki
|
landasan yang kuat juga harus
memiliki prinsip-prinsip yang jelas.
Menurut
|
Oliva ( 1991
: 24-25) Prinsip-prinsip dasar
pengembangan kurikulum
|
ber kedudukan sebagai
petunjuk langsung dalam
kegiatan pendidikan dan
|
dalam bidang-bidang lainnya. Prinsip-pr
insip ter sebut bersumber pada :
|
hasil data empiric
|
hasil ide/gagasan masyarakat,
sikap dan kepercayaan
|
berdasarkan akal sehat.
|
Pada perkembangan pengetahuan dan
teknologi hasil penelitian adalah
|
factor utama
yang dijadikan landasan
utama untuk memantapkan
prinsip-
|
pr insip dasar tersebut.
|
Selain hal
tersebut diatas, ada
jenis-jenis prinsip dasar
dalam
|
pengembangan kurikulum,
prinsip dasar ini
dipandang sebagai pandangan
|
dasar yang
benar dalam pengembangan kurikulum.
Jenis-jenis prinsip ini
|
dibedakan oleh
tingkat keefektifannya yang
diketahui lewat tingkat
|
r esikonya. Pemahaman
akan per bedaan ini
sangat penting sebelum
|
menetapkan pr insip-prinsip dasar
untuk pengembangan sebuah
kurikulum.
|
Dalam Oliva (1991 : 29-30)
jenis-jenis prinsip dasar dalam
pengembangan
|
kur ikulum adalah :
|
Kebenaran Keseluruhan
|
Kebenaran Keseluruhan adalah
kebenaran yang jelas atau ter bukti
|
lewat eksperimen
atau uji coba,
dan alas an
tersebut diterima tanpa
|
hambatan. Sebagai
contoh, pembahasan yang
berarti dapat membantu
|
siswa untuk mengetahui aturan-
aturan dan mengalami kemajuan dengan
|
mengerti keterampilan-keterampilan sebagai
syarat mutlak dari
|
pemahaman yang
mendasar akan menghadirkan latihan- latihan yang
|
bermakna.
|
Kebenaran Bagian
|
Kebenaran bagian
ini maksudnya adalah
kebenaran beerdasar kan
|
data yang terbatas dan bisa
diaplikasikan pada situasi tertentu dan tidak
|
bersifat umum. Seperti ada
sebagian tenaga-tenaga pengajar berpendapat
|
bahwa pencapaian
prestasi siswa akan
lebih tinggi ketika
siswa itu
|
dikelompokkan pada jenjang yang
sama dalam proses pembelajaran.
|
Dugaan
|
Sebagian prinsip-pr insip dasar
tidak semuanya benar,
bisa juga
|
merupakan dugaan atau ujicoba, sementara
ide- ide atau dugaan-dugaan
|
tersebut menjadi dasar keputusan
dalam pengembangan kurikulum.
|
Dalam Nana Syaodih ( 1997 :
150-155) prinsip-prinsip pengembangan
|
kur ikulum dibagi menjadi dua
bagian, yaitu :
|
Prinsip Umum
|
Ada beberapa
prinsip umum dalam
pengembangan kurikulum. Seperti
|
juga yang disampaikan oleh
Subandijah, prinsip umum ini meliputi :
|
Prinsip r elevansi
|
Prinsip relevansi
adalah keserasian pendidikan
dengan tuntutan
|
masyarakat, pendidikan
dikatakan relevan jika
hasil pendidikan
|
tersebut berguna bagi masyarakat.
|
Prinsip fleksibilitas
|
Kurikulum hendaknya
memiliki sifat lentur
dan fleksibel. Hal
ini
|
berarti dalam penyelenggaraan
proses dan program pendidikan harus
|
di perhatikan kondisi perbedaan
yang ada dalam diri peserta didik
|
Prinsip kontinuitas
|
Kurikulum sebagai
wahana belajar yang
dinamis per lu
|
dikembangkan terus
menerus dan berkesinambungahn.
|
Kesinambungan dalam pengembangan
kurikulum menyangkut saling
|
berhubungan antara
tingkat dan jenis
program pendidikan atau
|
bidang studi.
|
Prinsip praktis
|
Kurikulum memiliki
prinsip praktis dimana
kur ikulum mudah
|
dilaksanakan, menggunakan
alat-alat sederhana dan
biayanya juga
|
murah. Prinsip ini juga disebut
prinsip efisiensi
|
Prinsip efektivitas
|
Efektivitas dalam kegiatan
berkenaan dengan sejauh mana apa yang
|
direncanakan dan diinginkan dapat
dilaksanakan atau dapat dicapai.
|
Prinsip Khusus
|
Ada beberapa
prinsip yang lebih
khusus dalam pengembangan
|
kur ikulum, pr insip-prinsip ini
berkenaan dengan :
|
Tujuan pendidikan
|
Pemilihan isi pendidikan
|
Proses belajar- mengajar
|
Pemilihan media dan alat
pengajaran
|
Pemilihan kegiatan penilaian
|
PENUTUP
|
Pengembangan kur ikulum
dilakukan secar a bertahap
dan terus
|
menerus. Agar pengembangan
kurikulum yang dilakukan didak keluar
dari
|
arah dan
tujuan pendidikan yang
ingin dicapai, maka
pengembangan
|
kur ikulum harus
berp[ijak pada landasan- landasan utama
dalam
|
pengembangan kurikulum,
serta pada prinsip-prinsip dasar
dalam
|
pengembangan kurikulum.
|
Seperti yang
telah dijelaskan pada
pembahasan landasan utama
pada
|
pengembangan kurikulum adalah :
|
Landasan Filosofis
|
Landasan Psikologis
|
Landasan Sosial Budaya
|
Sedangkan prinsip pengembangan
kurikulum dibagi menjadi dua
|
pr insip utama, yaitu prinsip
umum dan prinsip khusus.
|
Pengembangan kur ikulum yang
berdasarkan pada landasan dan prinsip
|
pengembangan kurikulum yang ada,
diharapkan dapat mencapai apa yang
|
menjadi tujuan dari pendidikan
nasional
|